Assalamu'alaikum Wr Wb. Ahlan Wa Sahlan di Situs Resmi Badan Humas DPW PK Sejahtera Sumatera Selatan. Bangkit Bersama Membangun Negeri. PKS - The Next Solution
Home | Struktur Bahumas | Berita | Artikel | Muslimah | Tarbiyah | Album | Buku Tamu

Time

Palembang Darussalam
Mutiara Hikmah
Dua mata tidak disentuh api neraka:
Mata yang menangis karena takut kepada Allah
dan mata yang berjihad di jalan Allah
(HR. Tirmidzi)

Bangun dirimu dengan segenggam debu
Sebuah bingkai lebih kuat dari onggokan karang
dan seperti sungai diapit batu-batu bukit
Biar di sana hati khusyukmu tinggal...
Dr. M. Iqbal. "Tulip dari Sinai" dalam "Pesan Dari Timur"

Hidup bersama Al Haq dengan tanpa tawar menawar, hidup bersama makhluk dengan tanpa nafsu dan hidup bersama jiwa dengan mengharuskannya melakukan pengawasan.
(Al - Izzah)

Siapa yang menguasai informasi akan memenangkan pertempuran
(Al - Izzah. M. Zainal Mutaqqin)

Senjata kita hari ini bukanlah pedang dan laras senapan. Senjata kita hari ini adalah pena, opini, dan kecerdasan. Pertarungan kita hari ini bukanlah jibaku fisik dan kekuatan. Pertarungan kita hari ini adalah jibaku media dan pemberitaan.
(Al - Izzah)

Menulis adalah menabung kenangan, menabung kebahagiaan, menabung harapan, dan yang pasti menulis mewariskan sejarah dan ilmu pengetahuan.
(Al - Izzah)

Syukur dalam amal perbuatan menuntut adanya kesabaran. Maka kesabaran dituntut dalam ketaatan, dalam menjauhi kemaksiatan, dan dalam menerima ujian.
(Al - Izzah)
Forum Diskusi

Free shoutbox @ ShoutMix
Gedung Dakwah
Jl.Demang Lebar Daun Blok P-4 A RT.21 RW.5 Kel.Demang Lebar Daun Kec.Ilir Barat I Palembang-Sumsel 30137 Telp/Fax.(0711)-410225 email:humas_blog@yahoo.com
Jumlah Pengunjung
link to free hit counter html code
Visit the hit counters gallery.
Definisi Humas/PR
Jumat, 25 Januari 2008
Hubungan masyarakat atau Public Relations adalah suatu usaha yang sengaja dilakukan, direncanakan secara berkesinambungan untuk menciptakan saling pengertian antara sebuah lembaga/institusi dengan masyarakat. Humas (PR) adalah sebuah seni sekaligus ilmu sosial dalam menganalisa kecenderungan, meramalkan konsekuensinya, memberikan pengarahan kepada pimpinan institusi/lembaga dan melaksanakan program-program terencana yang dapat memenuhi kepentingan baik institusi maupun lembaga tersebut maupun masyarakat yang terkait.


Public Relations (PR) merupakan fungsi manajemen untuk mencapai target tertentu yang sebelumnya harus mempunyai program kerja yang jelas dan rinci, mencari fakta, merencanakan, mengkomunikasikan, hingga mengevaluasi hasil-hasil apa yang telah dicapainya.

"Public Relations is planned, persuasive communication designed to influence significant public" (John E. marston "MODERN PUBLIC RELATIONS", 1979).

Secara spesifik, definisi umum PR disimpulkan sebagai seni (arts) dan gabungan dari disiplin ilmu manajemen, komunikasi, psikologi, sosial dan marketing, untuk membentuk agar perusahaan atau lembaga, nama dan produknya menjadi disukai dan dapat dipercaya oleh publiknya. Dalam hubungannya dengan target audience atau stakeholder (obyek dakwah) tersebut, dikenal tiga tipe tentang apa yang disukai dan tidak disukai, yaitu sbb :
a. Those who know you and like you (mengenal dan menyukai Anda).
b. Those who know you and don't like you (mengenal dan tidak menyukai Anda).
c. Those who neither you nor care you (tidak dikenal maka tidak disukai).

Oleh karena itu dikatakan, "Public Relations merupakan fungsi manajemen yang menilai sikap publik, mengidentifikasikan kebijaksanaan dan tata cara seseorang atau organisasi demi kepentingan publik, serta merencanakan dan melakukan suatu program kegiatan untuk meraih pengertian, pemahaman, dan dukungan dari publiknya" (Scott M. Cutlip dan Allen H. Center " Efektif Public Relations", 1982).

Public Relations adalah suatu proses yang kontinyu dari usaha manajemen untuk memperoleh good will dan pengertian dari publik pada umumnya, termasuk stake holder internal (pengurus Rohis). Ke dalam, mengadakan perbaikan dan pembenahan melalui corporate culture building (membangun budaya lembaga) berbentuk disiplin, motivasi, peningkatan pelayanan dan produktivitas kerja yang diharapkan untuk terciptanya sense of belonging terhadap lembaga. Sedangkan ke luar, berupaya menciptakan kepercayaan dan citra lembaga (corporate image) yang sekaligus memayungi dan mempertahankan citra produknya (product image).

Pada hakekatnya makna dari "hubungan masyarakat" (humas, kehumasan, public relations) adalah prilaku atau sikap untuk menjadi tetangga dan warga yang baik (to be a good neighbour and citizen). [nit]
posted by Admin Humas @ 01.06  
4 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
Pesan Struktural
Sukseskan Pelatihan Kehumasan dan Konsolidasi Aleg PKS Sumatera Selatan. Semangaaat...!!!
Links
Previous Post
Arsip
Agenda Bahumas
Januari 2008 :
PELIKAN (Pelatihan Kehumasan) DPW PKS SumSel. Insya Allah diadakan tanggal 25 - 27 Januari 2008
Galeri


Badan Humas DPW PKS Sumatera Selatan - Fithri Design 2007