Assalamu'alaikum Wr Wb. Ahlan Wa Sahlan di Situs Resmi Badan Humas DPW PK Sejahtera Sumatera Selatan. Bangkit Bersama Membangun Negeri. PKS - The Next Solution
Home | Struktur Bahumas | Berita | Artikel | Muslimah | Tarbiyah | Album | Buku Tamu

Time

Palembang Darussalam
Mutiara Hikmah
Dua mata tidak disentuh api neraka:
Mata yang menangis karena takut kepada Allah
dan mata yang berjihad di jalan Allah
(HR. Tirmidzi)

Bangun dirimu dengan segenggam debu
Sebuah bingkai lebih kuat dari onggokan karang
dan seperti sungai diapit batu-batu bukit
Biar di sana hati khusyukmu tinggal...
Dr. M. Iqbal. "Tulip dari Sinai" dalam "Pesan Dari Timur"

Hidup bersama Al Haq dengan tanpa tawar menawar, hidup bersama makhluk dengan tanpa nafsu dan hidup bersama jiwa dengan mengharuskannya melakukan pengawasan.
(Al - Izzah)

Siapa yang menguasai informasi akan memenangkan pertempuran
(Al - Izzah. M. Zainal Mutaqqin)

Senjata kita hari ini bukanlah pedang dan laras senapan. Senjata kita hari ini adalah pena, opini, dan kecerdasan. Pertarungan kita hari ini bukanlah jibaku fisik dan kekuatan. Pertarungan kita hari ini adalah jibaku media dan pemberitaan.
(Al - Izzah)

Menulis adalah menabung kenangan, menabung kebahagiaan, menabung harapan, dan yang pasti menulis mewariskan sejarah dan ilmu pengetahuan.
(Al - Izzah)

Syukur dalam amal perbuatan menuntut adanya kesabaran. Maka kesabaran dituntut dalam ketaatan, dalam menjauhi kemaksiatan, dan dalam menerima ujian.
(Al - Izzah)
Forum Diskusi

Free shoutbox @ ShoutMix
Gedung Dakwah
Jl.Demang Lebar Daun Blok P-4 A RT.21 RW.5 Kel.Demang Lebar Daun Kec.Ilir Barat I Palembang-Sumsel 30137 Telp/Fax.(0711)-410225 email:humas_blog@yahoo.com
Jumlah Pengunjung
link to free hit counter html code
Visit the hit counters gallery.
Urgensi PR (Humas)
Jumat, 25 Januari 2008
Aktivitas public relations sehari-hari adalah menyelenggarakan komunikasi timbal balik ( two way trafic communications ) antara lembaga dengan pihak publik yang bertujuan untuk menciptakan saling pengertian dan dukungan bagi tercapainya suatu tujuan tertentu, kebijakan, kegiatan produksi, dsb, demi kemajuan lembaga atau citra positif lembaga bersangkutan. Jadi, kegiatan public relations tersebut sangat erat kaitannya dengan pembentukan opini publik dan perubahan sikap dari masyarakat.

Dari segi inilah, Rohis mengejawantahkan misi al 'amru wa nahyul munkar-nya. Hal tersebut sekaligus menjadi landasan Rohis untuk -sebagaimana fungsi humas umumnya- menunjukkan kekuatannya ( power of opinion ) dalam membentuk opini publik atau kita sebut dakwah.

Adapun proyek kerja Public Relations Officer (PRO) , tidak terlepas dari pengabdiannya demi kepentingan umum ( it should serve the public's interest ) atau dalam bahasa dakwah, 'untuk kepentingan umat'. Berkaitan dengan Kode Etik Asosiasi Perhumasan Internasional (International Public Relations Association Code of Cunduct) yang menegaskan bahwa setiap PRO tidak dibenarkan untuk mengangkat suatu konflik yang terjadi atau hal yang sengaja dipaparkan kepada publik tanpa seizin dari mereka yang berkepentingan atau bersangkutan.

Sebaliknya, pihak PRO tidak dibenarkan pula dengan sengaja untuk menutupi masalah atau krisis yang tengah terjadi di lembaga yang bersangkutan dengan cara mengelabui publik. Sehingga perlu diingat kunci kerja seorang PR jika menghadapi situasi yang genting (crucial), seperti timbul masalah, konflik, pertikaian, hingga terjadi suatu krisis, maka fungsi dan tugas PRO adalah wajib untuk menjelaskan secara jujur dan terbuka (open communication).

Hal tersebut dikarenakan di satu pihak humas bertindak sebagai perantara (mediator). Sedangkan di lain pihak, ia mempunyai tanggung jawab sosial (social responbility) dan dalam menjalankan perannya harus berlandaskan kejujuran, etika, dan moral yang tinggi sebagai penyandang profesional public relations.

Dalam hal peran ganda yang bersifat dilematik tersebut, public relations officer berperan sebagai komunikator, mediator, persuador, organisator, dan konsultan sering terjadi di tengah masyarakat dalam era globalisasi penuh kompetitif sekarang ini. Dalam berbagai situasi dan kondisi yang penuh tantangan, pihak PRO akan menghadapi beban tugas yang cukup berat. Dalam iklim kompetitif tersebut yang bersangkutan mempunyai fungsi pokok utama, yaitu bertindak sebagai komunikator, mediator, kemudian bertindak sebagai pendukung manajemen (back up management), dan tujuan akhirnya adalah bagaimana memperoleh atau mempertahankan citra bagi lembaga yang diwakilinya.

Mampukah PRO tersebut bertanggung jawab langsung dan diberikan kesempatan yang lebih luas (otonomisasi) untuk secara langsung membendung, menanggulangi atau mengatasinya dalam upaya memulihkan (recovery image) dan mempertahankan citra tersebut (maintenance of image) dengan mengembalikan kepercayaan publik serta memulihkan krisis yang terjadi.
Pekerjaan utama (inti) dari PR sebenarnya adalah Human Relation (HR) yang bukan hanya sekedar hubungan antar manusia. Tetapi lebih bersifat interaksi antara seseorang dengan orang lain, memperhatikan orang lain, bersikap ramah dan jujur.

Jika setiap PRO (Public Relations Officer) mempunyai human relations yang baik yang mencerminkan sikap tersebut, dijamin akan membuat orang lain yang dihadapinya senang dan puas. Hal ini akan memelihara dan meningkatkan citra Lembaga Dakawah Kampus.

Dalam arti luas HR berarti komunikasi yang persuasif yang dilakukan oleh seseorang kepada orang lain secara tatap muka dalam segala situasi dan dalam semua bidang kehidupan sehingga menimbulkan kepuasan kedua belah pihak.

Dalam arti sempit penekanan HR pada situasi kerja atau dalam bidang organisasi (kelompok) bertujuan menggugah kegairahan dan kegiatan bekerja, kerja sama yang produktif yang diwarnai dengan rasa bahagia dan puas hati. Normat R.F. Meier mengemukakan: "HR dapat berfungsi untuk menghilangkan rintangan-rintangan komunikasi, mencegah salah pengertian dan mengembangkan segi konstruktif sifat manusia".[nit]
posted by Admin Humas @ 01.16  
0 Comments:
Poskan Komentar
<< Home
 
Pesan Struktural
Sukseskan Pelatihan Kehumasan dan Konsolidasi Aleg PKS Sumatera Selatan. Semangaaat...!!!
Links
Previous Post
Arsip
Agenda Bahumas
Januari 2008 :
PELIKAN (Pelatihan Kehumasan) DPW PKS SumSel. Insya Allah diadakan tanggal 25 - 27 Januari 2008
Galeri


Badan Humas DPW PKS Sumatera Selatan - Fithri Design 2007